Rabu, 17 Desember 2008

Teluk Kuantan => Beautiful Spiritted City









Ehm2, sekarang ngomong ngalor ngidul dulu ah. sebagai anak kos, pasti ada masanya kangen ama yang namanya kampung halaman. begitu juga gw.walaupun gw ne kuliah di universitas Bina Nusantara Jurusan TI & Statistik (hehe..), tapi aslinya gw ne asli anak riau. nama kota kelahiran gw itu TELUK KUANTAN. ada yang pernah denger? kota ini terkenal dengan pesta budayanya yang diadain tiap tahun di bulan agustus & dihadiri wisatawan2 dari dalam dan luar negeri. namanya PACU JALUR.

agi2, ada yang taw jalur itu apa nggak? kalo kamu asli anak taluk, pasti taw. tapi kl belum taw, gw kasih taw deh. JALUR itu sejenis perahu, panjaaaang bgt. gw lupa kisaran panjangnya berapa tapi yang jelas bisa nampungin 40-60 orang pendayung. Tapi sekarang bahkan ada jalur yang punya daya tampung 80 orang. gede khaan? hehe.. so, lomba balap perahu yang lazim disebut "PACU" ini di adakan di sungai Kuantan yang membelah (cieeee) kota Teluk Kuantan. Pas diadakannya pacu jalur tuh, ramee banget. gak peduli tua muda, kaya miskin, semuanya hampir gak bisa dibedain. yah, bisa dibilang pesta besarnya masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi deh. nama Jalurnya juga aneh-aneh. ada Pendekar Hulu Bukik Tabandang, Singo Kuantan, Kalojengking Tigo Jembalang, sampe Gelombang Tsunami! ckckck.. saking pengen kekuatan jalurnya dashyat kali ya?


Selain pacu jalur, di Teluk Kuantan juga banyak tempat wisata loh. Kayak Air Terjun 7 Tingkat, Air Terjun Guruh Gemurai di Kasang, Danau Buatan Rawang Udang, ampe taman di daerah Kantor Bupati. kayaknya sejak bupati baru terpilih, pembangunan di Kuansing berkembang pesat banget. yang paling banyak dikunjungi kawula muda sih ada 3 tempat. Kasang, Rawang Udang ama Kantor Bupati pas sore-sore. kalo Kasang sih, sayangnya jauh. pake motor bisa 45 menit (tapi buat sebagian orang justru itu bagian asiknya^_^). Rawang Udang relatif dekat. disana udah disediain tenda2 dan kedai2 makanan buat nongkrong2, buat makan n rekreasi tentunya. Namun yang paling dekat emang taman kantor bupati. Suasananya yang berada di daerah perbukitan dan lumayan tenang & sunyi juga jadi daya tarik tersendiri buat anak2 Taluk. Ada yang pacaran, sekedar duduk2, ato bahkan sekedar jalan2 naik motor bareng temen. fiuuh..gw kangen banget ama tu taman.. hihihi
S
eakhir kata, kampung halaman emang ngangenin. termasuk gw.. mudah-mudahan suatu saat kita bisa buat daerah asal kita masing2 jadi lebih baik. amiieen..

1 komentar:

Sylvia.A mengatakan...

umm..artikel yg mnarik..cumand kek na ada yang perlu diralat rief.. soal muatan dari jalur-jalur itu sendiri.. scara kan jalur2 skrg tuw banyak yg lebih kecil.. jadi muatannya juga bisa 40--60 an org..trgantung besar jalurnya juga sie...

eia..qw doain byar rncana pulkamnya bisa kerencana jugag.. heehe

wibiya widget